Cara Mudah Edit File PDF Tanpa Aplikasi Tambahan


Portable Document Format atau yang lebih dikenal dengan PDF, dari namanya saja kita sudah tau kalau file ini mudah untuk digunakan dimana saja. Tidak heran kalau file ini sungguh populer dikalangan orang-orang, karena mudah untuk digunakan diberbagai platform populer.

Salah satu kelebihan file ini adalah ketika kalian kirim ke berbagai perangkat apapun, tampilannya akan tetap sama. Sehingga kalian bisa mengirim dokumen ke orang lain tanpa mengurangi kualitas dokumennya.

Ketika kita membuka file PDF di Browser kita tidak bisa mengeditnya, karena pada dasarnya file ini diperuntuhkan untuk dilihat saja. Jika kalian mengiginkan untuk mengedit file ini tanpa menggunakan Aplikasi tambahan, kalian bisa cek tutorial berikut ini.

Edit File PDF Tanpa Aplikasi Tambahan

Langkah 1: Buka Browser kalian
Karena tutorial ini tanpa memerlukan aplikasi tambahan untuk mengedit pdf, kalian cukup gunakan Browser yang kalian pakai saat ini.

Langkah 2: Buka Situs Sejda.com
Kemudian kalian akses situs Sejda.com atau kalian klik link ini: https://www.sejda.com/id/pdf-editor

Langkah 3: Unggah File PDF
Lalu kalian klik tombol "Unggah File PDF" kemudian kalian cari file yang ingin kalian edit atau juga bisa langsung "Drag  & Drop" File yang ingin dirubah.

Langkah 4: Edit PDF
Setelah itu maka akan muncul file PDF yang kalian unggah, kalian bisa langsung ubah text sesuai dengan yang kalian inginkan. Text yang kalian ubah bisa disesuaikan seperti: ketebalan, ukuran, warna dan lain sebagainya.

Langkah 5: Fitur Lain
Tidak hanya untuk mengubah text saja, disitus ini kalian juga bisa menambahkan beberapa elemen seperti: menambahkan gambar, shapes, link, tanda tangan, dan lain lain. Kalian bisa akses fitur itu dengan cara klik menu di bagian atas.

Langkah 6: Download File
Jika sudah selesai klik "Aplikasikan Perubahan" maka akan muncul beberapa pilihan, sebelum itu kalian bisa ubah nama filenya. Kemudian kalian klik "Download" maka file otomatis terdownload, kalian juga bisa langsung Print atau share link file kalian.

Itu tadi adalah cara untuk merubah file PDF kalian, dengan cara ini kamu tidak perlu instal lagi aplikasi tambahan seperti Adobe Acrobat.

Selain Sejda ada juga beberapa situs alternatif untuk mengubah file PDF kamu, berikut adalah situs yang bisa kalian gunakan:
  • https://www.pdf2go.com/id/edit-pdf
  • https://pdf.online/id/edit-pdf-text
  • https://tools.pdf24.org/id/edit-pdf
  • https://smallpdf.com/id/edit-pdf
  • https://www.ilovepdf.com/id/editor-pdf
  • https://www.sodapdf.com/id/pdf-editor/
  • https://pdfcandy.com/id/edit-pdf.html
  • https://pdf4me.com/id/editor-pdf/
  • https://www.hipdf.com/id/pdf-editor
  • https://pdfsimpli.com/lp/pdf-to-edit

Komentar

Lebih baru Lebih lama