Sinopsis Film Joker (2019), Cerita Terbentuknya Joker yang Kejam

Joker yang merupakan musuh bebuyutan batman, ternyata memiliki kisah piluh dimasa lalunya yang membuat dia menjadi seorang joker yang kejam dengan penuh kebahagiaaan. Arthur Fleck merupakan seorang komedian yang gagal dan diabaikan oleh masyarakat gotham sehingga dia mejadi joker yang sangat kejam.

Joker rilis di indonesia pada tanggal 2 oktober 2019, joker rilis di indonesia lebih awal dari amerika serikat. Film Joker sudah mendapatkan beberapa penghargaan seperti: Golden Trailer Awards (Best Teaser), Venice Film Festival (Graffetta d'Oro for Best Film, Best Film dan Best Soundtrack).

SINOPSIS FILM JOKER

Di Gotham City pada tahun 1981, Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) bekerja sebagai badut untuk disewa untuk sebuah perusahaan bernama Ha-Ha. Dia ditugaskan mengiklankan toko dengan menari dan melambai-lambaikan tanda. Tanda itu disambar oleh sekelompok remaja punk, memaksa Arthur untuk mengejar mereka ke gang. Mereka menghancurkan tanda di wajahnya dan melanjutkan untuk menendang tanpa ampun saat dia turun.

Di era ini, Gotham berjuang dengan kejahatan, pengangguran, dan kemiskinan. Arthur mengunjungi seorang pekerja sosial untuk pengobatannya, serta masalah kesehatan mentalnya yang berkelanjutan. Dalam perjalanan pulang dengan bus, seorang anak kecil memandang Arthur. Dia membuat wajah konyol yang menghibur anak itu, tetapi ibunya menyuruh Arthur untuk meninggalkannya sendirian. Arthur mulai tertawa histeris, dan ketika sang ibu menanyainya, dia memberikan kartu yang menjelaskan bahwa dia memiliki kondisi yang menyebabkan dia tertawa seperti itu.

Arthur kembali ke rumah di mana dia tinggal bersama ibunya yang sakit, Penny (Frances Conroy). Mereka duduk dan menonton acara bincang-bincang dengan pembawa acara Murray Franklin (Robert DeNiro). Arthur membayangkan dirinya berada di acara itu dan mendapatkan perhatian Murray. Dalam fantasinya, Arthur memikat penonton dan Murray dengan memberi tahu mereka bahwa dia merawat ibunya. Penny dulu bekerja untuk Thomas Wayne (Brett Cullen) dan telah menulis kepadanya untuk mencoba dan memperbaiki situasi kehidupan mereka.

Di Ha-Ha's, Arthur diberikan senjata untuk perlindungan oleh rekan kerjanya Randall (Glenn Fleschler) setelah ia mendengar tentang insiden penjambretan.

Arthur tergila-gila dengan tetangganya, ibu tunggal Sophie Dumond (Zazie Beetz). Dia berbicara dengan sopan padanya, tapi dia canggung dan aneh di sekitarnya. Pada satu titik, dia menghabiskan hari mengikutinya. Kemudian, dia datang ke apartemennya dan bertanya apakah dia mengikutinya, dan dia mengakuinya, tapi dia tidak merasa terganggu olehnya. Dia mengundangnya ke acara komedi stand-up yang dia lakukan.

Arthur pergi ke klub komedi untuk penampilannya. Dia mulai dengan tertawa tak terkendali sebelum pergi ke rutinitasnya, yang tidak terlalu lucu. Sophie tampaknya hadir di audiensi ... satu-satunya orang yang menertawakan lelucon Arthur.

Arthur kemudian pergi ke rumah sakit anak-anak untuk menghibur mereka sebagai badut. Dia membawa senjatanya, dan jatuh di lantai. Bos Arthur kemudian mengunyahnya karena hal ini, juga karena kehilangan tanda dari toko tempat ia dirampok. Yang terpenting, Randall mengklaim bahwa Arthur mengambil senjatanya sendiri. Arthur dipecat, dan dia meninggalkan Ha-Ha setelah memanggil Randall untuk memberinya pistol. Minggu Arthur hanya menjadi lebih buruk ketika dia diberitahu oleh pekerja sosialnya bahwa kota itu memotong dana dan menutup fasilitas itu, artinya Arthur tidak punya tempat lain untuk mendapatkan obat-obatannya.

Dalam perjalanan kereta bawah tanah pulang dari Ha-Ha dengan pakaian badut penuh, Arthur melihat tiga tipe muda Wall Street melecehkan seorang wanita. Arthur mulai tertawa dan menarik perhatian para pria, sementara wanita itu dengan bijak melarikan diri dari mobil itu. Orang-orang mendekati Arthur dan mengejeknya dan tawa sebelum mereka mulai memukulinya. Arthur kemudian mengeluarkan senjatanya dan menembak dua dari mereka mati sebelum mengikuti orang terakhir keluar dari kereta dan membunuhnya di tangga. Karena terkejut dengan apa yang baru saja dia lakukan, Arthur mundur ke kamar mandi. Setelah beberapa saat, dia mulai menari sendiri.

Berita tentang tiga pembunuhan menyebar, dengan beberapa melihatnya sebagai serangan terhadap orang kaya, sementara yang lain mendukung tindakan tersebut. Thomas Wayne berbicara dan mengutuknya. Arthur kemudian menemukan salah satu surat Penny kepada Thomas, yang menunjukkan bahwa Arthur adalah putra Thomas. Arthur pergi ke Wayne Manor di mana dia bertemu Bruce muda (Dante Pereira-Olson). Dia memasukkan tangannya ke gerbang untuk membuat Bruce tersenyum, tetapi Alfred (Douglas Hodge) datang untuk turun tangan dan menyuruh Arthur tersesat. Arthur menyebutkan ibunya dan keterlibatannya dengan Thomas, tetapi Alfred mengatakan dia ingat Penny dan bahwa dia berbohong kepadanya. Arthur mencoba menyerang Alfred tetapi akhirnya melarikan diri.

Dua detektif polisi, Burke (Shea Wigham) dan Garrity (Bill Camp), pergi ke apartemen Arthur untuk menanyainya tentang pembunuhan di kereta bawah tanah karena kata bahwa tersangka mengenakan make-up badut, dan mereka tahu Arthur kehilangan pekerjaan sebelumnya bahwa hari. Arthur menyangkal keterlibatan dan meminta detektif pergi. Tidak lama kemudian, Penny jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit. Sophie duduk oleh Arthur saat dia merawat ibunya. Di rumah sakit, Arthur melihat bahwa pertunjukan Murray memainkan klip dari rutinitas stand-up, tetapi dia terluka melihat bahwa Murray hanya memainkannya untuk mengejek Arthur.

Arthur menemukan Thomas di sebuah acara publik dan mencoba untuk berhadapan dengannya dengan potensi dirinya sebagai ayahnya. Arthur menyebutkan Penny, yang Thomas juga ingat. Dia mengatakan dia delusi dan bahwa tidak mungkin Arthur bisa menjadi putranya. Arthur mulai tertawa di wajah Thomas sebelum Thomas meninju wajah Arthur, dan lelaki itu diusir dari gedung.

Arthur kemudian menerima panggilan telepon dari perwakilan untuk pertunjukan Murray. Dia diundang untuk tampil sebagai tamu, yang diterima Arthur.

Mencari bukti keras, Arthur pergi ke Arkham Asylum dan berbicara dengan petugas, Carl (Brian Tyree Henry), yang memiliki file tentang Penny. Ketika Carl mengatakan dia tidak bisa memberi Arthur informasi yang dia inginkan, Arthur mengambil file itu dan lari untuk membacanya. Kenyataannya adalah bahwa Penny mengadopsi Arthur setelah dia ditemukan ditinggalkan, dan dia melecehkannya. Salah satu bagian dari file menyebutkan Arthur mengalami cedera kepala, yang kemungkinan besar menyebabkannya tertawa. Arthur kembali ke rumah sakit dan memberi tahu Penny bahwa dia pikir hidupnya adalah tragedi, tetapi dia melihat itu adalah "komedi sialan". Dengan itu, ia membunuh Penny sampai mati.

Arthur kembali ke rumah dan masuk ke apartemen Sophie. Dia melihat dia dan ketakutan, memintanya pergi demi putrinya. Melalui ini, terungkap bahwa setiap momen menampilkan Sophie hanya di kepala Arthur.

Arthur mulai bersiap-siap untuk penampilannya di acara Murray. Dia dikunjungi di apartemennya oleh Randall dan mantan rekan kerja lainnya, bernama Gary (Leigh Gill). Mereka memberikan belasungkawa setelah mereka mendengar tentang kematian Penny, tetapi kemudian mereka menyebutkan Burke dan Garrity pergi ke apartemen mereka untuk menanyai mereka tentang pembunuhan kereta bawah tanah. Arthur kemudian dengan brutal menikam Randall sampai mati, tetapi dia membiarkan Gary yang ketakutan pulang karena dia adalah satu-satunya di Ha-Ha yang baik padanya. Arthur kemudian mewarnai rambutnya hijau, memakai make-up badut penuh, dan mengenakan setelan merah anggur.

Burke dan Garrity menemukan Arthur menari di jalan dan bergerak untuk menangkapnya. Arthur berlari, dan mereka mengejarnya ke kereta bawah tanah di mana puluhan warga Gotham lainnya berpakaian seperti badut setelah terinspirasi oleh pembunuhan. Ketika detektif mengejar Arthur, satu badut menghalangi, dan Burke secara tidak sengaja menembaknya mati. Badut-badut itu menarik para detektif keluar dari kereta bawah tanah dan mulai memukuli mereka, membiarkan Arthur pergi.

Di stasiun TV, Arthur bertemu Murray dan agennya Gene (Marc Maron). Sebelum dia melanjutkan, Arthur meminta Murray untuk memperkenalkannya sebagai "The Joker", karena Murray menyebutnya seperti itu ketika memainkan klipnya. Arthur keluar saat pertunjukan dimulai. Dia dengan canggung memberitahu Murray lelucon sebelum mengakui pembunuhan di kereta bawah tanah. Murray dan hadirin perlahan menyadari bahwa Arthur serius. Arthur berpendapat bahwa audiensi hanya peduli pada para korban karena Thomas Wayne berbicara untuk mereka, tetapi siapa pun seperti Arthur akan diabaikan dan berjalan mendekat. Murray dan hadirin semakin marah dengan Arthur, tetapi begitu pula dia. Murray menegur Arthur, yang meningkat menjadi Arthur membentak dan meniup otak Murray di depan semua orang. Penonton lari ketakutan, dan berita pembunuhan segera menghantam gelombang udara.

Gotham sekarang dikuasai oleh kerusuhan warga berpakaian sebagai badut setelah mendengar tentang apa yang dilakukan Arthur. The Waynes meninggalkan bioskop untuk menemukan kekacauan di jalanan. Thomas membawa Martha (Carrie Louise Putrello) dan Bruce ke gang, tetapi satu badut mengikuti mereka dan memberi tahu Thomas bahwa dia mendapatkan apa yang pantas dia terima. Dengan itu, ia menembak Thomas dan Martha di depan Bruce. Sementara itu, Arthur telah ditangkap dan sedang dibawa oleh polisi, tetapi badut dalam ambulans lari ke mobil dan membebaskan Arthur. Para perusuh kemudian menyemangati Arthur ketika dia berdiri di atas sebuah mobil dan merangkul kekaguman mereka, sekarang setelah dia mendapatkan pengakuan yang telah lama diinginkannya.

Beberapa waktu kemudian, Arthur dikurung di Arkham. Dia bertemu seorang pekerja sosial baru (April Grace) dan mengatakan dia ingin menceritakan lelucon padanya, tetapi dia tidak akan mendapatkannya. Beberapa menit kemudian, Arthur kemudian melangkah keluar dari ruangan, meninggalkan jejak jejak kaki berdarah di belakang sebelum ia dikejar-kejar oleh petugas.
Source: imdb.com

Komentar

Lebih baru Lebih lama