Cara Merubah Resolusi DPI di Photoshop



Halo semuanya balik lagi dengan saya diblog kesayangan kita blog paling kece paling keren paling paling didunia :V, awwkwkwk bercanda temen temen. Ok temen temen kali ini saya akan membahas tentang tutorial Photoshop, yaitu cara merubah resolusi dpi pada photoshop. Nah sebelum kita membahas tutorialnya kita pahami dulu dpi itu apasih dan fungsinya buat apa sih?

Dots per inch (DPI) adalah ukuran pencetakan spasial, kerapatan titik pemindai video atau gambar, khususnya jumlah titik individual yang dapat ditempatkan dalam garis dalam rentang 1 inci (2,54 cm) . Demikian pula, titik yang lebih baru diperkenalkan persentimeter (d/cm atau dpcm) mengacu pada jumlah titik individu yang dapat ditempatkan dalam garis 1 sentimeter (≈0,393 in).

Nah pada dasarnya Dots adalah titik-titik yang saling keterkaitan. Semakin banyak dots nya maka gambar akan semakin jelas begitu pula sebaliknya semakin sedikit dotsnya gambar akan tidak jelas saat kita zoom. Biasanya orang orang membuat desain menggunakan DPI yang tinggi, sehingga gambar yang dihasilkan semakin jelas. DPI yang sering digunakan orang-orang untuk desain yaitu minimum 72 dpi sampai yang paling tinggi yaitu 300 dpi.

Jika kalian menggunakan DPI yang paling tinggi yaitu 300 dpi. Kalian juga harus memperhitungkan ukuran filenya karena semakin tinggi dpi nya file nya juga otomatis akan semakin besar begitu pula sebaliknya dpi semakin rendah file nya juga otomatis semakin kecil. Itu tergantung dari kalian jika ingin hasil yang maksimal gunakan dpi yang paling tinggi yaitu 300 dpi.

Berikut adalah cara merubah reolusi dpi pada photoshop:

MENENTUKAN RESOLUSI DPI SAAT BUAT PROJECT BARU

  1. Buka Photoshop kalian dulu
  2. Pilih "File" kemudian "New" atau (Ctrl+N)
  3. Kemudian kalian tentukan berapa dpi yang ingin kalian gunakan di menu "Resolution"
  4. Terakhir klik "OK" untuk membuat project baru.

MERUBAH RESOLUSI DPI DI PHOTOSHOP

  1. Buka Photoshop kalian.
  2. Pilih "File" kemudian "Open" (Ctrl+O), buka Project kalian atau gambar kalian yang ingin kalian ubah resolusi DPI nya.
  3. Jika sudah kalian buka, pergi kemenu "Images" kemudian klik "Images Size" (Alt+Ctrl+i)
  4. Ubah DPI nya pada menu "Resolution" sesuai berapa yang kalian inginkan.
  5. Kemudian klik "OK"
  6. Kalian bisa save hasilnya dengan cara pergi kemenu "File" kemudian "Save" atau "Save as" untuk buat file baru.

"Note: untuk versi photoshop tertentu biasanya tempat images size berbeda, ada yang di edit atau di menu images bahkan mungkin aja ada di menu lainnya. Jadi kalian cari aja menu images size nya sendiri"

Buat kalian yang kurang paham, kalian bisa simak tutorial video dibawah.

Nah itu tadi adalah cara merubah resolusi dpi di photoshop semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat kalian. Jika ada kesalahan dalam mengetik, menjelaskan atau bahkan kata kata yang kurang saya minta maaf yang sebesar besarnya. Karena saya adalah blogger pemula yang masih banyak banget buat dipelajari untuk kedepannya.

Komentar

Lebih baru Lebih lama