Cara Menambahkan Font Baru di Komputer



Font merupakan desain grafis yang diterapkan ke kumpulan angka, simbol, dan karakter. Font menentukan kualitas seperti huruf, ukuran, spasi, dan pitch. Font yang digunakan untuk mencetak teks di berbagai perangkat output dan menampilkan teks di layar.

Tujuan utama untuk menambahkan font pada komputer, biasanya untuk mengganti atau mempercantik huruf tampilan desain kita. Contoh yang paling sering dijumpai adalah saat kita bikin makalah di Microsoft word supaya terlihat lebih profesional atau modern kita membutuhkan tampilan font yang menarik untuk dilihat.

Untuk itu kalian harus pintar memilih font yang sesuai untuk dipakai di design kamu, agar saat dilihat oleh seseorang terlihat keren. Pada artikel saya kali ini, saya akan membagikan cara untuk menambahkan font baru di komputer kita dengan mudah.

Cara Menambahkan Font

Langkah 1: Siapkan dulu font yang ingin kamu tambahkan
Sebelum kita manambahkan fontnya, terlebih dahulu kalian download font yang kalian inginkan di situs penyedia font. Banyak banget situs penyedia fonts yang bisa kalian download secara gratis seperti: Google Fonts, 1001 Fonts, DaFont, dll.

Langkah 2: Ekstrak file fontnya terlebih dahulu
Biasanya font yang kita download akan di satukan menjadi file winrar, nah untuk itu kalian ekstrak dulu filenya dengan cara klik kanan pada file winrarnya, kemudian pilih Ekstract Here.

Langkah 3: Instal file fontnya ke komputer
Untuk menginstal fontnya, sebenarnya sangat mudah cukup kalian klik kiri 2x pada mouse, kemudian klik tombol instal yang muncul. Maka font berhasil ditambahkan pada komputer kalian.

Selesai: Lihat hasilnya
Kalian lihat fontnya yang kamu tambahkan di photoshop atau microsoft word

Cara Lain Untuk Menambahkan Font

Ini adalah cara kedua untuk menambahkan font pada komputer kita, cara ini adalah cara cepat untuk menambahkan font yang memiliki file font yang sangat banyak atau juga bisa menambahkan font banyak sekaligus dengan cepat. Karena beberapa font yang sudah disatukan menjadi file winrar memiliki file font yang banyak atau lebih dari satu.

Langkah 1: Ekstrak file fontnya terlebih dahulu
Ekstrak dulu file fontnya yang masih nyatu dengan file winrar, seperti langkah yang ada diatas. Dengan cara klik kanan pada file winrarnya, kemudian pilih Ekstract Here.
Nah ini adalah salah satu font yang memiliki jenis font yang banyak, kalau kita instal satu satu seperti cara yang ada diatas tadi bakalan lama. Untuk itu saya memberi tau cara ini agar mempermudah kalian, dalam menginstal font yang memiliki banyak jenisnya atau juga bisa instal font sekaligus.

Langkah 2: Cari folder Fonts pada komputer kalian
Untuk menginstal font sekaligus kalian harus pergi ke folder fonts dulu, karena disana kita akan copy paste file fontnya. Untuk pergi ke folder Fonts, ada banyak cara yaitu:

1. Dengan Memanfaatkan Kolom Pencarian Pada Windows
Pergi ke kolom pencarian (Start + S) yang sudah disediakan oleh windows, kemudian cari folder Fonts lalu buka.

2. Menggunakan Control Panel
Pergi ke control panel, kemudian ubah View by menjadi Large icons atau Small icons. Cari folder Fonts kemudian buka.

3. Pergi ke Local Disk (C:)
Buka file explorer kamu, kemudian pergi ke "C:\Windows\Fonts"

Langkah 3: Copas file font tadi ke folder Fonts
Copy semua file font tadi yang ingin kamu instal dan sudah kamu ekstrak dengan winrar, kemudian paste ke folder Fonts.

Selesai: Lihat hasilnya
Kemudian kalian lihat hasilnya, maka font akan muncul di semua software yang sudah kalian instal di komputer kalian seperti: Microsoft word, Adobe photoshop dan yang lainnya.

Tonton Tutorial Cara Menambahkan Font Baru di Komputer

Komentar

Lebih baru Lebih lama